Setelah Anda
memiliki web/blog langkah selanjutnya adalah mendatangkan pengunjung.
Semenarik apapun blog yang Anda miliki bila tak ada pengunjung tiada
artinya. Pantaslah pepatah ini terucap ‘’ Traffic is Money ‘’. Namun, jika Anda seorang Web Developer ataupun Publisher bila trafik ramai itu sangat menyenangkan, ‘’ Visitors a lot of Fun ‘’. Berikut cara ampuh datangkan pengunjung:
1. Search Engine Marketing (SEM)
2. Seach Media Marketing (SMM)
Search Engine Marketing (SEM) merupakan
teknik search engine yang digunakan untuk mendatangkan pengunjung
sesuai dengan kata kunci yang ia cari. Perbandingan SEM dan SMM yakni
dari segi keuntunganya, SEM sangat cocok untuk Toko Online/ sejenisnya.
SEM lebih terbukti mendatangkan traffic yang lebih tinggi dari pada SMM.
Search Media Marketing (SMM) merupakan
teknik search engine meggunakan social media, seperti facebook,
twitter, dan google plus (terpopuler). Bila Anda meggunakan SMM sebagai
media mendatangkan pengunjung hal yang harus Anda miliki yakni brand
yang kuat dan jejaring yang besar.
Untuk SMM
menggunakan Facebook, disarankan untuk membuat fans page. Keuntungan SMM
dibandingkan dengan SEM adalah adanya kedekatan emosional antara calon
pembeli dengan penjual. Membangun fans page memungkinkan kita untuk
berpromosi dengan memasukkan foto,video,deskripsi,profil, ataupun event
yang menarik untuk pelanggan Anda.
Selain hal
tersebut pengunjung juga dapat memberika testimonial secara langsung.
Facebook juga menawarkan perikalan yang berbayar, sama halnya dengan
iklan media massa di dunia nyata. Periklanan facebook disebut facebook ads. Facebook ads akan menmpilkan iklan adana pada sidebar facebook dan diarahkan pada pasar tertentu.
Twitter juga
memungkinkan untuk berpromosi, menjelaskan, mereview, atau menerangkan
usaha anda dalam pesan singkat yang biasa disebut tweet. Tweet akan berfungsi agar followers anda dapat memepelajari lebih lanjut mengenai produk yang dipromosikan.
Search Engine Marketing (SEM)
SEM memberikan
hal lebih dibandingkan SMM, karena SEM mengarahkan pengguna internet
sesuai kata kunci yang ia cari. SEM sangat cocok untuk pebisnis newbie,
SEM lebih menjanjikan untuk usaha anda J. SEM terbagi 3 :
1. Organic Traffic.
2. Paid Traffic.
3. Direct Traffic.
Yang akan kita bahas lebih spesifik adalah Organic Traffic dan Paid Traffic.
1. Organic Traffic.
Organic traffic adalah mendatangkan pengunjung dengan teknik SEO (Search Engine Optimazation). SEO
adalah suatu metode untuk mengoptimalkan keberadaan website/blog agar
bisa menempati posisi teratas pada mesin pencari, seperti GOOGLE, YAHOO,
BING, dll. Sesuai dengan kata kunci yang diketikkan oleh pengguna
internet. Kuncinya adalah Riset Keywod. Semakin tinggi rangking keyword
maka akan semakin banyak pula pengunjung yang datang ke website Anda.
Keuntungan Organic Traffic.
1. Gratis, Anda tidak perlu membayar, cukup lakukan Optimasi SEO.
2. Meningkatkan kredibilitas, dengan posisi teratas di mesin pencari
tentunya hal tersebut akan meningkatkan kredibilitas website/blog Anda.
Mesin pencari tentu akan menampilkan website terbaik sesuai keyword yang
dicari.
Kekurangan Organic Traffic.
1. Membutuhkan waktu, SEO juga membutuhkan waktu. Website yang baru
dibuat tidak mungkin langsung menempati posisi teratas di mesin pencari.
Untuk keyword kelas menengah biasanya menunggu 2-3 bulan.
2. SEO membutuhkan skill. SEO membutuhkan skill atau teknik, baik itu
melalui teknik penulisan konten hingga kode-kode programming. Namun,
jika Anda mempunya budget yang lebih, Anda bisa memanfaatkan Jasa SEO.
2. Paid Traffic
Paid Traffic
merupakan cara mendatangkan pengunjung ke web/blog menggunakan jasa
periklanan online berbayar. Contoh Paid Traffic adalah Google Adword dan
Chitika.
*Note : Untuk
website/blog yang belum berumur 3 bulan, disarankan untuk tidak
melakukan teknik SEO yang berlebihan. Karena itu bisa berdampak buruk
terhadap web/blog tersebut. Anda bisa saja dijatuhi hukuman masuk
kedalam Google Sandbox (Penjara Google).
0 komentar:
Post a Comment