KESUKSESAN tidak hanya langsung diawali dari hal-hal yang besar. Banyak
yang sukses dalam usahanya berawal dari kecil. Misalnya saja Bima
Adhitya. Ia seorang fotografer pernikahan profesional. Namun, Anda tidak
perlu menjadi seorang fotografer untuk tertarik membaca kisah sukses
ini. Apakah Anda hanya seorang penjual sabun cuci? Atau, pedagang korek
api. Nah, tidak ada bisnis yang terlalu kecil untuk memulai sebuah
kesuksesan.
Bima Adhitya, seorang pengusaha muda yang telah berhasil mengembangkan
usahanya dari bisnis rumahan hingga mampu menembus pasar nasional dan
internasional.
Bima mulai menjalankan usaha fotografi, khususnya niche wedding
photography sejak lulus dari Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Atma
Jaya Yogyakarta, pada tahun 2008. Menurut penuturannya, profesi ini dia
pilih karena telah menjadi bagian dari jiwanya, sehingga Bima bisa
bekerja dengan senang sambil menyalurkan hobinya, kemudian melakukan
prosespost-production dan album production. Semua proses tersebut terasa
sangat menyenangkan untuk Bima.
Dengan tim yang berjumlah 3 orang, termasuk Bima dan istrinya, bisnis
ini telah menembus pasar nasional dan internasional dengan bantuan
website bimaadhitya.com yang dibuat sejak mendirikan usaha ini.
Dengan menggunakan website sebagai etalase portofolio hasil karyanya,
Bima menarik lebih banyak calon pelanggan dan menggunakan website
sebagai ujung tombak marketing yang ampuh.
Untuk meningkatkan omzet, Bima mempelajari internet marketing secara
serius sejak tahun 2010 dari seseorang berkewarganagaraan Singapura
bernama Fabian Lim. Fabian mengajarkan Search Engine Optimization (SEO)
dan Google Adwords kepada Bima. Kemudian, sejak awal tahun 2011 Bima
mulai menggunakan periklanan Adwords.
Pada awal penggunaan iklan Adwords, Bima melakukan testing awal budget
iklan sekitar Rp. 20.000/hari, kemudian dia memantau perkembangan
iklannya sampai menemukan kata kunci yang pas lalu menaikkan budget
iklan menjadi Rp. 20.000, Rp. 50.000, sampai Rp. 100.000. Penyesuaian
budget total iklan tersebut disesuaikan dengan kemampuan pengeluaran
Bima untuk iklan dalam satu periode.
Pengeluaran untuk iklan Google Adwords ini bukanlah pengeluaran yang
sia-sia. Bima bisa mendapatkan keuntungan balik modal mulai dari
langsung satu minggu kemudian atau dua bulan kemudian. Meskipun
demikian, Bima mengaku bahwa Google Adwords sangat bermanfaat bagi
bisnisnya dan berhasil menaikkan jumlah pengunjung website-nya dengan
jumlah 100% dan bahkan lebih.
Jadi, bisa dikatakan bahwa salah satu kunci kesuksesan usaha Bima
Adhitya adalah pembuatan website sebagai “studio” atau etalase hasil
karyanya untuk promosi kepada calon pelanggan potensial, serta didukung
oleh sistem periklanan Google Adwords yang membuat website Bima mampu
bersaing di kacah bisnis nasional maupun internasional. Memang benar
bahwa website and Google Adwords merupakan duo masa depan marketing online yang handal.
Tips sukses Bima dalam berbisnis online adalah kerja keras, berdoa, dan
bersedekah. Bagi Bima, tiga hal tersebut cukup ampuh untuk bisa terus
dilakukan dalam upaya meningkatkan usaha yang sedang dijalaninya. Semoga
pembaca sekalian bisa mengambil inspirasi dari sesi wawancara bersama
Bima Adithya ini. Semoga sukses selalu! (Sumber Utama:
http://blog.niagaweb.co.id)
0 komentar:
Post a Comment