Sukses Dimulai Dari Kecil

KESUKSESAN tidak hanya langsung diawali dari hal-hal yang besar. Banyak yang sukses dalam usahanya berawal dari kecil. Misalnya saja Bima Adhitya. Ia seorang fotografer pernikahan profesional. Namun, Anda tidak perlu menjadi seorang fotografer untuk tertarik membaca kisah sukses ini. Apakah Anda hanya seorang penjual sabun cuci? Atau, pedagang korek api. Nah, tidak ada bisnis yang terlalu kecil untuk memulai sebuah kesuksesan.
Bima Adhitya, seorang pengusaha muda yang telah berhasil mengembangkan usahanya dari bisnis rumahan hingga mampu menembus pasar nasional dan internasional.
Bima mulai menjalankan usaha fotografi, khususnya niche wedding photography sejak lulus dari Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta, pada tahun 2008. Menurut penuturannya, profesi ini dia pilih karena telah menjadi bagian dari jiwanya, sehingga Bima bisa bekerja dengan senang sambil menyalurkan hobinya, kemudian melakukan prosespost-production dan album production. Semua proses tersebut terasa sangat menyenangkan untuk Bima.
Dengan tim yang berjumlah 3 orang, termasuk Bima dan istrinya, bisnis ini telah menembus pasar nasional dan internasional dengan bantuan website bimaadhitya.com yang dibuat sejak mendirikan usaha ini.
Dengan menggunakan website sebagai etalase portofolio hasil karyanya, Bima menarik lebih banyak calon pelanggan dan menggunakan website sebagai ujung tombak marketing yang ampuh.
Untuk meningkatkan omzet, Bima mempelajari internet marketing secara serius sejak tahun 2010 dari seseorang berkewarganagaraan Singapura bernama Fabian Lim. Fabian mengajarkan Search Engine Optimization (SEO) dan Google Adwords kepada Bima. Kemudian, sejak awal tahun 2011 Bima mulai menggunakan periklanan Adwords.
Pada awal penggunaan iklan Adwords, Bima melakukan testing awal budget iklan sekitar Rp. 20.000/hari, kemudian dia memantau perkembangan iklannya sampai menemukan kata kunci yang pas lalu menaikkan budget iklan menjadi Rp. 20.000, Rp. 50.000, sampai Rp. 100.000. Penyesuaian budget total iklan tersebut disesuaikan dengan kemampuan pengeluaran Bima untuk iklan dalam satu periode.
Pengeluaran untuk iklan Google Adwords ini bukanlah pengeluaran yang sia-sia. Bima bisa mendapatkan keuntungan balik modal mulai dari langsung satu minggu kemudian atau dua bulan kemudian. Meskipun demikian, Bima mengaku bahwa Google Adwords sangat bermanfaat bagi bisnisnya dan berhasil menaikkan jumlah pengunjung website-nya dengan jumlah 100% dan bahkan lebih.
Jadi, bisa dikatakan bahwa salah satu kunci kesuksesan usaha Bima Adhitya adalah pembuatan website sebagai “studio” atau etalase hasil karyanya untuk promosi kepada calon pelanggan potensial, serta didukung oleh sistem periklanan Google Adwords yang membuat website Bima mampu bersaing di kacah bisnis nasional maupun internasional. Memang benar bahwa website and Google Adwords merupakan duo masa depan marketing online yang handal.
Tips sukses Bima dalam berbisnis online adalah kerja keras, berdoa, dan bersedekah. Bagi Bima, tiga hal tersebut cukup ampuh untuk bisa terus dilakukan dalam upaya meningkatkan usaha yang sedang dijalaninya. Semoga pembaca sekalian bisa mengambil inspirasi dari sesi wawancara bersama Bima Adithya ini. Semoga sukses selalu! (Sumber Utama: http://blog.niagaweb.co.id)
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Post a Comment