Sebelum memulai bisnis online, Anda harus mempelajari teknik-teknik
membuat website agar membawa lebih banyak keuntungan bagi usaha Anda.
Pertama-tama, Anda harus menarik sebanyak-banyaknya pengunjung ke
website Anda. Meskipun demikian, mereka tidak secara otomatis akan
menjadi pelanggan. Di sini lah usaha Anda dimulai. E-book ini akan
membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung website setiap
harinya dan mengkonversi pengunjung website Anda menjadi pelanggan
potensial.
Untuk pemilihan topik website, Anda bisa memilihnya berdasarkan hal
terkait dengan bisnis Anda atau hal-hal lain seputar bisnis Anda.
Pilihan manapun yang Anda buat untuk tema webite, Anda bisa tetap
membuat website tersebut menarik. Bisa jadi topik yang Anda pilih,
misalnya menjual lilin aromatik, memberikan layanan konsultasi keluarga
atau, menjual barang bekas.
Awalnya topik-topik di atas terdengar tidak menarik, tapi Anda tetap
bisa membuatnya menarik dengan mengambil aspek-aspek unik dari hal-hal
yang Anda tawarkan. Topik yang Anda pilih haruslah mencerminkan hal
menarik dari isi website yang ingin Anda tampilkan. Anda bisa menarik
pengunjung website dengan konten dengan topik tertentu yang sesuai
dengan minat mereka.
Anda tidak perlu kuatir jika apa yang Anda tawarkan bukanlah sesuatu
yang sedang menjadi tren. Anda tetap bisa membuatnya menjadi daya tarik
untuk pengunjung website dan menjadi mesin yang bisa Anda gunakan untuk
meraih keuntungan.
Monica misalnya, ia seorang pengusaha muda di bidang fashion di Eropa,
membuat website untuk menjual produknya. Pada awal website tersebut
diluncurkan, hanya teman-teman dekat dan saudara-saudaranya saja yang
mengunjunginya. Namun, seiring berjalanannya waktu, pengunjung
website-nya berkembang hingga mencapai ribuan pengunjung perhari.
Untuk mencapai hal tersebut, Monica tidak hanya berdiam diri saja. Dia
dengan aktif mengisi website-nya dengan artikel, berita, dan tips
mengenai memilih pakaian yang tepat untuk profesi dan usia tertentu.
Dengan demikian, website-nya lebih mudah ditemukan di mesin pencarian
(browser).
Selain itu, Monica juga menerbitkan e-book mengenai bagaimana cara
memadukan pakaian dan aksesoris dengan cantik. Banyak orang yang
tertarik untuk mendapatkan e-book tersebut. Sehingga hal ini membuat
semakin besar jumlah pengunjung website tersebut.
Sebagai hasilnya, Monica tidak hanya memiliki website yang ramai
dikunjungi, namun juga menghasilkan lebih banyak uang karena pengunjung
website tersebut menjadi pelanggan produknya setelah membaca
informasi-informasi menarik di bidang fashion dalam website tersebut.
Sukses yang diraih Monica ini adalah hasil dari kerja kerasnya
membagikan informasi yang bermanfaat yang akhirnya menghasilkan
pelanggan yang terbangun kepercayaannya pada produk-produk fashion yang
dijual di website tersebut.
Apapun topik website Anda, peluang untuk mendapatkan banyak pengunjung
tetaplah besar. Yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan konten yang
menarik dan sesuai dengan topik usaha Anda. Artikel-artikel tersebut
akan menarik banyak orang untuk mengunjungi website Anda.
Konten-konten tersebut akan menarik pengunjung yang relevan (yang
memiliki ketertarikan pada topik yang Anda angkat dalam website Anda).
Sehingga secara tidak langsung akan menghasilkan pengunjung-pengunjung
yang mungkin akan datang lagi di lain kesempatan karena menyukai isi
website Anda. Pilih topik yang Anda kuasai dan bagikan pengetahuan Anda.
Mulailah sekarang juga. Pilih topik yang sesuai dan mulailah merancang
website Anda.
Selanjutnya, pilih siapa target pengunjung website Anda. Tulis siapa
saja target pengunjung website Anda. Ada baiknya Anda memilah mereka ke
dalam beberapa grup target. Karena setiap grup target memiliki
ketertarikan pada hal yang berbeda-beda. Perbedaan sekecil apapun bisa
menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat konten.
Anda harus menentukan apa yang akan Anda tuliskan dalam website Anda.
Hal tersebut hanya bisa Anda lakukan jika Anda tahu siapa yang menjadi
target pengunjung website Anda. Ini akan membantu Anda menentukan
artikel macam apa yang bisa menarik perhatian orang-orang yang menjadi
pengunjung website Anda.
Asumsikan bahwa Anda membuat website yang menjual buku-buku cerita
bergambar untuk anak-anak, pikirkan target pengunjung website Anda.
Topik tersebut akan menarik, seperti bagi anak-anak, orang tua,
psikologis, guru TK atau PAUD dan lain sebagainya.
Tentu saja, Anda akan membuat website yang berbeda ketika Anda
memutuskan untuk membuat website untuk anak-anak atau guru TK. Membuat
website untuk menjual buku cerita bergambar dengan target pengunjung
anak-anak dan orang dewasa tentu berbeda. Orang dewasa menaruh perhatian
pada kualitas gambar dan kualitas cerita. Sedangkan, anak-anak akan
menaruh perhatian pada bagaimana mereka bisa bermain dengan tokoh dalam
cerita tersebut. Entah dengan cara mewarnai atau pun cara lain.
Hanya orang-orang yang tertarik dengan isi website Anda yang akan
mencari website Anda dan menghabiskan waktu untuk membaca isi website
tersebut serta kembali mengunjungi website Anda dan pikirkan bagaimana
caranya membuat pengunjung website Anda bisa menjadi konsumen potensial
Anda. Jadi, ketika memikirkan apa saja yang akan diletakkan pada
website, Andaharus mengingat siapa yang akan menjadi target pengunjung
website Anda.
Selain dengan konten yang menarik, website Anda juga perlu memiliki
sistem yang mengarah pada penjualan. Dengan melengkapi website Anda
dengan forum diskusi, newsletter, maupun blog, akan membuat pengunjung
website Anda tertarik untuk melakukan pembelian produk/jasa Anda.
Selain itu, ada hal-hal lain yang bias memberikan efek yang lebih
efektif, yaitu dengan e-book gratis, tips, dan juga webinar. Pastikan
bahwa Anda mempersiapkan semua hal pendukung tersebut dengan
mempertimbangkan siapa yang menjadi target pengunjung website Anda.
Seperti layaknya warung permen yang menyediakan rasa yang berbeda-beda
disesuaikan dengan selera para pelanggannya, Anda juga harus membuat
versi berbeda untuk target pengunjung yang berbeda.
Pemilihan topik yang Anda kuasai dan Anda sukai menjadi sangat penting.
Ini akan mempermudah Anda dalam menyusun konten website dan membagikan
informasi kepada target pengunjung website Anda. Ada baiknya Anda
menyiapkan konten dengan topik yang Anda kuasai agar kredibilitas Anda
tidak diragukan. Hargai pengunjung website Anda dengan cara selalu
memberikan informasi yang akurat, benar, dan berkualitas.
Pastikan pengunjung menemukan informasi yang mereka cari dengan cepat.
Website Anda harus bersih, rapi, dan sekaligus memberikan informasi yang
berguna. Untuk membuat website Anda menjadi baik, Anda harus
memperhatikan arsitektur website Anda. Konten-konten website Anda harus
disusun dalam kategori-kategori agar mempermudah pengunjung untuk
mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.
Ada empat jenis tata letak yang bisa Anda gunakan, antara lain tata
letak simetris, asimetris, proporsional dan dominan. Tata letak yang
simetris salah satu elemen penting website Anda. Tata letak simetris
harus terletak di tengah dan jelas terlihat. Baik diletakkan secara
horizontal maupun vertikal, terlihat sejajar dan rapi.
Jika tata letak asimetris, Anda bisa menggunakan tata letak yang dinamis
dengan tetap menonjolkan hal-hal penting agar mudah ditemukan oleh
pengunjung website. Kemudian, tata letak proporsional, logo dan gambar
biasanya mendapatkan porsi yang lebih kecil daripada konten berupa
tulisan.
Terakhir, tata letak dominan, tata letak ini berlawanan dengan tata
letak proporsional karena lebih banyak menempatkan materi berupa gambar
dan hanya sedikit (atau tidak sama sekali) area untuk tulisan. Ini cocok
untuk tema website tertentu seperti website untuk bisnis penjualan
lukisan atau website fotografi.
Pengaturan manapun yang Anda pilih, jangan lupa untuk memasukkan semua
elemen-elemen penting untuk membangun website Anda. Selain itu, penting
sekali untuk menata layout menu, logo, formulir kontak, dan
elemen-elemen penting lainnya untuk mendapatkan user experience (UX)
yang bagus.
Website yang berkualitas dibuat sedemikian rupa sehingga dapat
mengubah/mengkonversi pengunjung website menjadi pelanggan, baik secara
langsung mengisi formulir kontak maupun yang akan melakukan kontak pada
proses selanjutnya.
Tujuan website ini untuk menjaring para pengunjung website (calon
pelanggan) yang benar-benar tertarik dengan produk/layanan Anda. Website
Anda juga harus berorientasi pada membangun komunikasi yang baik dengan
para pengunjung website Anda dalam jangka panjang agar mereka mau
datang kembali untuk melakukan pembelian atau merekomendasikan
barang/layanan Anda. Menjaga hubungan baik tersebut dapat dilakukan
dengan cara mengirim email marketing sebagai salah satu perangkat
marketing online yang terbukti dapat meningkatkan penjualan.
Karenanya, langkah utama dalam berbisnis online adalah menentukan tujuan
dan strategi website Anda. Buat daftar apa saja yang ingin Anda
tonjolkan dalam website Anda. Contoh, pengiriman yang cepat, pelayanan
yang berkualitas, atau servis gratis.
Desain website, sebuah proses yang kompleks. Sehingga ada baiknya Anda
membuat daftar hal-hal dasar untuk membuat website Anda menjadi lebih
baik. Kalau Anda sudah memperhatikan ketiga hal penting di atas, maka
website Anda sudah membuat website yang bekerja untuk Anda.
Meskipun konten dan desain website Anda sudah cukup berkualitas, namun
kadang hal itu belum cukup untuk mencapai hasil maksimal. Tapi jangan
kuatir karena hal tersebut dapat diperbaiki. Lakukan riset mengenai apa
yang dilakukan pengunjung website Anda ketika memasuki website Anda.
Lakukan tes dengan membuat beberapa versi. Cari tahu versi mana memiliki
performa yang terbaik, yaitu yang memiliki konten dan desain yang mampu
mengkonversi banyak pengunjung website menjadi pembeli/pelanggan.
Untuk meningkatkan optimalisasi, Anda bisa melihat dari feedback berupa
kritik atau saran pelanggan Anda kemudian melakukan tes apakah perbaikan
konten dan desain yang Anda lakukan sudah membawa manfaat dan konversi
untuk website Anda. Perangkat yang akan membantu Anda untuk melakukan
pengukuran dan tes itu, baiknya pula jika disertai tips bagaimana
membuat perangkat tersebut bekerja secara efektif dan efisien. (Sumber
Utama: www.niagaweb.co.id)
0 komentar:
Post a Comment