Website yang Menguntungkan

Sebelum memulai bisnis online, Anda harus mempelajari teknik-teknik membuat website agar membawa lebih banyak keuntungan bagi usaha Anda. Pertama-tama, Anda harus menarik sebanyak-banyaknya pengunjung ke website Anda. Meskipun demikian, mereka tidak secara otomatis akan menjadi pelanggan. Di sini lah usaha Anda dimulai. E-book ini akan membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung website setiap harinya dan mengkonversi pengunjung website Anda menjadi pelanggan potensial.
Untuk pemilihan topik website, Anda bisa memilihnya berdasarkan hal terkait dengan bisnis Anda atau hal-hal lain seputar bisnis Anda. Pilihan manapun yang Anda buat untuk tema webite, Anda bisa tetap membuat website tersebut menarik. Bisa jadi topik yang Anda pilih, misalnya menjual lilin aromatik, memberikan layanan konsultasi keluarga atau, menjual barang bekas.
Awalnya topik-topik di atas terdengar tidak menarik, tapi Anda tetap bisa membuatnya menarik dengan mengambil aspek-aspek unik dari hal-hal yang Anda tawarkan. Topik yang Anda pilih haruslah mencerminkan hal menarik dari isi website yang ingin Anda tampilkan. Anda bisa menarik pengunjung website dengan konten dengan topik tertentu yang sesuai dengan minat mereka.
Anda tidak perlu kuatir jika apa yang Anda tawarkan bukanlah sesuatu yang sedang menjadi tren. Anda tetap bisa membuatnya menjadi daya tarik untuk pengunjung website dan menjadi mesin yang bisa Anda gunakan untuk meraih keuntungan.
Monica misalnya, ia seorang pengusaha muda di bidang fashion di Eropa, membuat website untuk menjual produknya. Pada awal website tersebut diluncurkan, hanya teman-teman dekat dan saudara-saudaranya saja yang mengunjunginya. Namun, seiring berjalanannya waktu, pengunjung website-nya berkembang hingga mencapai ribuan pengunjung perhari.
Untuk mencapai hal tersebut, Monica tidak hanya berdiam diri saja. Dia dengan aktif mengisi website-nya dengan artikel, berita, dan tips mengenai memilih pakaian yang tepat untuk profesi dan usia tertentu. Dengan demikian, website-nya lebih mudah ditemukan di mesin pencarian (browser).
Selain itu, Monica juga menerbitkan e-book mengenai bagaimana cara memadukan pakaian dan aksesoris dengan cantik. Banyak orang yang tertarik untuk mendapatkan e-book tersebut. Sehingga hal ini membuat semakin besar jumlah pengunjung website tersebut.
Sebagai hasilnya, Monica tidak hanya memiliki website yang ramai dikunjungi, namun juga menghasilkan lebih banyak uang karena pengunjung website tersebut menjadi pelanggan produknya setelah membaca informasi-informasi menarik di bidang fashion dalam website tersebut.
Sukses yang diraih Monica ini adalah hasil dari kerja kerasnya membagikan informasi yang bermanfaat yang akhirnya menghasilkan pelanggan yang terbangun kepercayaannya pada produk-produk fashion yang dijual di website tersebut.
Apapun topik website Anda, peluang untuk mendapatkan banyak pengunjung tetaplah besar. Yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan konten yang menarik dan sesuai dengan topik usaha Anda. Artikel-artikel tersebut akan menarik banyak orang untuk mengunjungi website Anda.
Konten-konten tersebut akan menarik pengunjung yang relevan (yang memiliki ketertarikan pada topik yang Anda angkat dalam website Anda). Sehingga secara tidak langsung akan menghasilkan pengunjung-pengunjung yang mungkin akan datang lagi di lain kesempatan karena menyukai isi website Anda. Pilih topik yang Anda kuasai dan bagikan pengetahuan Anda. Mulailah sekarang juga. Pilih topik yang sesuai dan mulailah merancang website Anda.
Selanjutnya, pilih siapa target pengunjung website Anda. Tulis siapa saja target pengunjung website Anda. Ada baiknya Anda memilah mereka ke dalam beberapa grup target. Karena setiap grup target memiliki ketertarikan pada hal yang berbeda-beda. Perbedaan sekecil apapun bisa menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat konten.
Anda harus menentukan apa yang akan Anda tuliskan dalam website Anda. Hal tersebut hanya bisa Anda lakukan jika Anda tahu siapa yang menjadi target pengunjung website Anda. Ini akan membantu Anda menentukan artikel macam apa yang bisa menarik perhatian orang-orang yang menjadi pengunjung website Anda.
Asumsikan bahwa Anda membuat website yang menjual buku-buku cerita bergambar untuk anak-anak, pikirkan target pengunjung website Anda. Topik tersebut akan menarik, seperti bagi anak-anak, orang tua, psikologis, guru TK atau PAUD dan lain sebagainya.
Tentu saja, Anda akan membuat website yang berbeda ketika Anda memutuskan untuk membuat website untuk anak-anak atau guru TK. Membuat website untuk menjual buku cerita bergambar dengan target pengunjung anak-anak dan orang dewasa tentu berbeda. Orang dewasa menaruh perhatian pada kualitas gambar dan kualitas cerita. Sedangkan, anak-anak akan menaruh perhatian pada bagaimana mereka bisa bermain dengan tokoh dalam cerita tersebut. Entah dengan cara mewarnai atau pun cara lain.
Hanya orang-orang yang tertarik dengan isi website Anda yang akan mencari website Anda dan menghabiskan waktu untuk membaca isi website tersebut serta kembali mengunjungi website Anda dan pikirkan bagaimana caranya membuat pengunjung website Anda bisa menjadi konsumen potensial Anda. Jadi, ketika memikirkan apa saja yang akan diletakkan pada website, Andaharus  mengingat siapa yang akan menjadi target pengunjung website Anda.
Selain dengan konten yang menarik, website Anda juga perlu memiliki sistem yang mengarah pada penjualan. Dengan melengkapi website Anda dengan forum diskusi, newsletter, maupun blog, akan membuat pengunjung website Anda tertarik untuk melakukan pembelian produk/jasa Anda.
Selain itu, ada hal-hal lain yang bias memberikan efek yang lebih efektif, yaitu dengan e-book gratis, tips, dan juga webinar. Pastikan bahwa Anda mempersiapkan semua hal pendukung tersebut dengan mempertimbangkan siapa yang menjadi target pengunjung website Anda.
Seperti layaknya warung permen yang menyediakan rasa yang berbeda-beda disesuaikan dengan selera para pelanggannya, Anda juga harus membuat versi berbeda untuk target pengunjung yang berbeda.
Pemilihan topik yang Anda kuasai dan Anda sukai menjadi sangat penting. Ini akan mempermudah Anda dalam menyusun konten website dan membagikan informasi kepada target pengunjung website Anda. Ada baiknya Anda menyiapkan konten dengan topik yang Anda kuasai agar kredibilitas Anda tidak diragukan. Hargai pengunjung website Anda dengan cara selalu memberikan informasi yang akurat, benar, dan berkualitas.
Pastikan pengunjung menemukan informasi yang mereka cari dengan cepat. Website Anda harus bersih, rapi, dan sekaligus memberikan informasi yang berguna. Untuk membuat website Anda menjadi baik, Anda harus memperhatikan arsitektur website Anda. Konten-konten website Anda harus disusun dalam kategori-kategori agar mempermudah pengunjung untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.
Ada empat jenis tata letak yang bisa Anda gunakan, antara lain tata letak simetris, asimetris, proporsional dan dominan. Tata letak yang simetris salah satu elemen penting website Anda. Tata letak simetris harus terletak di tengah dan jelas terlihat. Baik diletakkan secara horizontal maupun vertikal, terlihat sejajar dan rapi.
Jika tata letak asimetris, Anda bisa menggunakan tata letak yang dinamis dengan tetap menonjolkan hal-hal penting agar mudah ditemukan oleh pengunjung website. Kemudian, tata letak proporsional, logo dan gambar biasanya mendapatkan porsi yang lebih kecil daripada konten berupa tulisan.
Terakhir, tata letak dominan, tata letak ini berlawanan dengan tata letak proporsional karena lebih banyak menempatkan materi berupa gambar dan hanya sedikit (atau tidak sama sekali) area untuk tulisan. Ini cocok untuk tema website tertentu seperti website untuk bisnis penjualan lukisan atau website fotografi.
Pengaturan manapun yang Anda pilih, jangan lupa untuk memasukkan semua elemen-elemen penting untuk membangun website Anda. Selain itu, penting sekali untuk menata layout menu, logo, formulir kontak, dan elemen-elemen penting lainnya untuk mendapatkan user experience (UX) yang bagus.
Website yang berkualitas dibuat sedemikian rupa sehingga dapat mengubah/mengkonversi pengunjung website menjadi pelanggan, baik secara langsung mengisi formulir kontak maupun yang akan melakukan kontak pada proses selanjutnya.
Tujuan website ini untuk menjaring para pengunjung website (calon pelanggan) yang benar-benar tertarik dengan produk/layanan Anda. Website Anda juga harus berorientasi pada membangun komunikasi yang baik dengan para pengunjung website Anda dalam jangka panjang agar mereka mau datang kembali untuk melakukan pembelian atau merekomendasikan barang/layanan Anda. Menjaga hubungan baik tersebut dapat dilakukan dengan cara mengirim email marketing sebagai salah satu perangkat marketing online yang terbukti dapat meningkatkan penjualan.
Karenanya, langkah utama dalam berbisnis online adalah menentukan tujuan dan strategi website Anda. Buat daftar apa saja yang ingin Anda tonjolkan dalam website Anda. Contoh, pengiriman yang cepat, pelayanan yang berkualitas, atau servis gratis.
Desain website, sebuah proses yang kompleks. Sehingga ada baiknya Anda membuat daftar hal-hal dasar untuk membuat website Anda menjadi lebih baik. Kalau Anda sudah memperhatikan ketiga hal penting di atas, maka website Anda sudah membuat website yang bekerja untuk Anda.
Meskipun konten dan desain website Anda sudah cukup berkualitas, namun kadang hal itu belum cukup untuk mencapai hasil maksimal. Tapi jangan kuatir karena hal tersebut dapat diperbaiki. Lakukan riset mengenai apa yang dilakukan pengunjung website Anda ketika memasuki website Anda. Lakukan tes dengan membuat beberapa versi. Cari tahu versi mana memiliki performa yang terbaik, yaitu yang memiliki konten dan desain yang mampu mengkonversi banyak pengunjung website menjadi pembeli/pelanggan.
Untuk meningkatkan optimalisasi, Anda bisa melihat dari feedback berupa kritik atau saran pelanggan Anda kemudian melakukan tes apakah perbaikan konten dan desain yang Anda lakukan sudah membawa manfaat dan konversi untuk website Anda. Perangkat yang akan membantu Anda untuk melakukan pengukuran dan tes itu, baiknya pula jika disertai tips bagaimana membuat perangkat tersebut bekerja secara efektif dan efisien. (Sumber Utama: www.niagaweb.co.id)
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Post a Comment