DEWASA ini, perkembangan teknologi komunikasi, terutama berbasis
internet, telah mendorong laju perekonomian. Sebab, lewat dunia maya,
kini banyak orang yang berlomba-lomba menjajakan bisnisnya. Baik berupa
jasa maupun barang. Pada 2013 saja, bisnis online telah meraup pemasukan
sekitar Rp 5,1 triliun.
Mudahnya bertransaksi lewat internet pun membuat jumlah pemain di pasar
ini kian meningkat. Hingga persaingan semakin ketat. Meskipun banyak
yang berhasil dalam berbisnis online, tidak sedikit pula yang kurang
berhasil dari bisnis onlinenya. Lantas apa yang harus Anda lakukan agar
bisnis online tetap berjalan sukses?
Kunci agar usaha Anda berjalan sukses, antara lain kemampuan meraih
kepercayaan konsumen. Sebab dalam bisnis online, pembeli tak dapat
berinteraksi langsung dengan penjual. Pun tak bisa melihat atau
menyentuh barang yang Anda tawarkan. Karena itu, tampilan situs serta
layanan yang Anda berikan harus mampu meyakinkan dan memuaskan
pelanggan. Sebelum menjalankan bisnis online, Anda harus mengutamakan
pelayanan dan kualitas dari produk. Jika sudah menjalankan kedua poin
itu, Anda akan dengan mudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen.
Memperoleh rasa percaya konsumen memang tidak mudah. Selain menjaga
kualitas produk dan pelayanan, Anda juga mesti memberikan bukti nyata
pada mereka. Misalnya dengan memamerkan testimonial atau rekomendasi
para pelanggan. Jangan malu atau segan untuk meminta testimonial dari
pembeli. Lama kelamaan, tanpa diminta pun mereka akan dengan senang hati
berbagi testimonial atas produk Anda.
Anda perlu juga memperhatikan tampilan produk yang menarik. Seperti
memajang foto produk dengan kualitas bagus, elegan, namun tidak mengubah
keaslian warna serta bentuk produk. Jangan sampai Anda dengan sengaja
memoles produk sebagus mungkin saat pemotretan. Padahal produk asli tak
seindah di gambar. Jika sudah begini, pembeli akan merasa tertipu secara
tak langsung. Bisa-bisa mereka menjadi enggan untuk kembali membeli
produk Anda.
Karena Anda menggeluti bisnis secara online, ada beberapa teknis yang
harus mendapatkan perhatian. Seperti domain dan konfigurasi website yang
Anda pilih. Kedua hal itu harus ramah untuk pembeli. Tidak terlalu
rumit dalam memilih domain situs web untuk bisnis. Namun, tetap harus
rajin mempromosikan alamat situs melalui media sosial, misalnya Facebook
atau Twitter, dan yang terpenting alamat situs mesti ramah dengan mesin
pencari, atau meningkatkan SEO-nya.
Anda juga perlu memperhatikan perihal garansi produk. Konsumen tentu
akan lebih memilih produk yang menawarkan garansi. Untuk yang satu ini,
memberikan garansi tergantung dengan jenis produk. Bila barang
elektronik, tentu lengkap dengan jaminan garansi. Namun, jika berbisnis
baju, Anda tidak bisa langsung menawarkan garansi. Sebab, pemesanan
pakaian tergantung dengan ukuran yang biasa dipakai. Karenanya, istilah
make sure before you booked menjadi hal penting dalam dunia online shop. (*)
0 komentar:
Post a Comment